Sabtu, 07 Januari 2012

Laporan Azmi

Semua anggota Lensa Remaja wajib membuat laporan dari setiap kegiatan yang sudah dilakukannya. Tulisan yang mereka buat di-upload di webnya masing-masing supaya mudah diakses. Tautan web mereka ada di blog ini. Bagi yang belum memiliki web, wajib mengirimkan tulisannya kepada saya dan akan dibantu dimuatkan pada blog saya. Kelak kalau website Lensa Remaja sudah dibangun semua tulisan anak-anak akan dimuat di sana. Berikut adalah tulisan Azmi, kelas 9 dan Risya kelas XI.

TULISAN AZMI, TANPA JUDUL
saya akan menceritakan liburan saya yang unik bersama lensa remaja , penasaran? yu kita langsung saja berpetualang .

- Dua hari sebelum pemberangkatan -
hari ini hari sabtu sekarang kita akan rapat untuk terakhir kalinya karena besok anak LR akan di liburkan , rapat berlangsung di sd Hikmah Teladan dan keadaan cukup mencekam sambil tertawa (lho?) . hari ini kita ngebahas soal materi , jadwal perjalanan , pembagian kelompok , dan memastikan apa yang harus di bawa nanti kesana dan rapat ini cukup menguras tenaga dan fikiran sempet juga beberapa kali berdebat dengan alotnya .

- Hari pertama -
jam 10 kita berkumpul di depan cimahi mall dan seperti biasa saya ngaret dan seperti biasa pula rifki marah-marah karena saya ngaret . seketika itu saya langsung mengudara menuju cimahi mall (walaupun naik ojek) , sleb baru sampe cimahi mall udah ada lautan orang yang nunggu bis budiman ga kebayang gimana ceritanya mana kita bis naik bis sedangkan 9 orang dan mayoritas perempuan . akhirnya setelah debat sama bu diana kita memutuskan manyewa APV saja karena keadaan tidak mendukung dan katanya bus budimanya kejebak macet jadi tidak diketahui kapan bakal sampai di cimahinya. setelah menunggu satu jam akhirnya mobil yang akan mengantarkan kita datang dan kitapun berangkat. singkat cerita perjalan 3 setenagh jam yang melelahkan akhirnya kita sampai di rumah kakanya pa arifin , and finaly time to rest and take a bath karena kita sangat lelah dan berkeringat

-Hari kedua-
jam 4 subuh saya di bangunkan dari mimpi indah saatnya bersiap-siap dan mandi tapi sayang seribu sayang waktu tapi tak apa ga mandi juga tetep ganteng ko . jam 6 kita pergi menggukan kolbak yang sebenarnya untuk hewan kurban , 1 jam perjalanan di jalan mulus dan seksi ditambah 1 jam perjalanan di jalan jelek dan tidak beraspal kita sampai di cieceng karena keterlambatan ada beberapa acara yang di skip . saya , rifki dan naufal langsung ke kelas 6 sd , kita dikenalin sama kepala sekolah sd dan itu sangat menegangkan tapi semuanya berjajalan lancar . peralajaran pertama kita TO b. indonesia dan alhamdulillah berjalan lancar , habis itu kita barmain game , game nya adalah kita harus gulungan kertas ke siapa saja dan yang mendapatkan kertas itu harus memperkenalkan diri , cita-cita dan motivasinya game ini juga berjalan lancar . setelah itu kita TO ipa dan matematika dan terakhir pembahasan kilat semua lancar kecuali pembahsa yang aka kacau . karena sudah sore kita selesaikan hari ini dan kita pun beristirahat .

-hari ketiga-
hari ini kita hanya akan beramain game karena sudah tidak ada try out dan pembahasan . game pertama yaitu game balap perahu , cara kerjanya kita berikan dua lembar katon yang lumain besar , jadi para pemain harus menuju ke garis finish dengan cara berpinda dari katon satu ke karton lainya . kalau terjatuh harus memulai dari start awal dan pemenangnya adalah tim indra . game kedua adalah game survival , jadi satu tim itu berdiri di sebuah karton meraka harus bisa berdiri selama 30 detik dengan di ganggu oleh kita dan jika berhasil kertas akan di bagi dua dan seterusnya . tim yang menang adalah tim dede berhasil bertahan di lipatan ke tiga selama 20 detik . acara terakhir kita meminta mereka mebuat kesan-kesan , saran dan kritik setelah dua hari di ajari oleh kita , dan ada satu yang membuat idung saya hampir terbang karenanya , ini beberapa yang akan saya perlihatkan maaf tidak bisa semuanya karena terlalu banyak , pokonya termia kasih buat ade-ade disana wis you all teh best , semoga sukses dan sekali lagi terima kasih :-)

dari popon
saya merasa senang dengan adanya ka azmi , ripki , dan ka noval , saya mau berterima kasis kepada semuanya jauh-jauh darii bandung untuk mengajar kita , pelajarang/permainan yang kaka kasih terima kasih . terutama mengajar try out semoga ujian nanti kita bisa lulus . . .
tolong do'akan kamu yah. . . .
dan ka ajmi sa'at mengajar kami begitu pintar banget , saya baru lihat kelas 3 smp sudah begitu pintar . . .
ka azmi dan yang lainya semoga cita-cita kaka bisa terkabul oleh Allah . . . amin
ka semoga nanti kaka bisa mengajar kami lagi . . . nah . . . satu lagi ada kekuranganya dari kakak-kakak semua kenapa engga memeperhatikan cewenya padahal cewe juga pengen di hargai , tapi segitu juga terima kasih yang sebesarbesarnya. . . . .

dari dede
kemarin aku seneng banget di ajarin sama kakak-kakak . tapi saynagnya hanya sebentar . aku itu suka banget sama panitianya kemarin waktu try out . sama kakak-kakak suma terimakasih ka sudah mengajari aku dalam permainan aku suka banget permainanya karena aku belum pernah main permainanya . ka terima kasis sudah ajak aku main dan mendapatkan ilmu yang banytak dan bermanfaat .
wasalamu'alaikum wr . wb .
terima kasih kaka semua .


TULISAN RISYA
Trip to Cieceng
By Risya
Dear guys, Aku kira liburan semester ganjil kali ini akan sama saja seperti liburan-liburan lalu. Yap, membosankan. Hanya berdiam diri dirumah nonton tv atau melakukan aktifitas yang bener-bener ngebosenin. Tapi, suatu hari Zahrah temen sekelasku ngajakin untuk liburan bareng awalnya sih kita mau ikut tawaran tour dari sekolah ke bali atau ke jogja. Tapi kita berubah pikiran, zaza nyeritain tentang liburannya dengan anak-anak Lensa Remaja ke cipatujah yang berbeda tapi asik. Lalu, akupun tertarik untuk ikut ke perjalanan selanjutnya karena zaza bilang “pantainya keren banget” .tapi, liburan kali ini mereka ngga lagi pergi ke cipatujah tapi kedaerah cieceng ditasikmalya untuk membantu siswa siswi disana menghadapi UN. Walaupun engga jadi ke pantai yang aku harapin, tapi i believe it’s gonna be fun .Setelah hari sabtunya kita diskusi tentang kegiatan dan buat soal, hari senin nya kita langsung berangkat ketempat yang dituju. Mau tau ceritaku selama disana?
Here We Go!!!!

Senin, 26 desember2011
Kita sepakat berangkat pake bis budiman. So, kita janjian di cimall tepat jam 10 untuk naik bis. Sesampainya disana, banyak bangeeeet orang berkerumunan kayanya sih nunggu bis ke tasik.perasaan aku mengatakan kayanya kita ngga akan kebagian tiket deh,dan ternyata bener aja. Petugas budiman nya pun gatau bisnya dateng jam berapa, dan kalaupun ada kita harus rebutan tempat duduk atau terancam berdiri sampe tasik. Akhirnya, kita memutuskan untuk nyewa mobil. Sambil nunggu mobil sewaan dateng, kita makan siang dulu di kfc, dan beberapa saat kemudian dari kejauhan kita melihat bis itu datang, belum juga sampe cimall bis itu udah disesaki oleh para penumpang. Untuuung aja kita udah nyewa mobil .
Setelah selesai makan, mobilnya pun dateng dan kita langsung berpamitan sama para orang tua. Kita pun langsung berangkat menuju tasik sekitar jam setengah satu siang pake mobil AVP. Jumlah kita semua total ada 9 orang. Awalnya suasana di mobil biasa saja walaupun duduknya rada berdesakan, syukurlah jalanan pun lancar tanpa macet. Aku kira macet ngga akan ngenganggu perjalanan kita sampe tasik. But, di tengah perjalanan, aku ngga tau nama daerahnya, yaampyuuun macet banget. Didalam mobil sang ac pun ngga dingin, hanya terasa sesaat aja. Anak-anak yang duduk di kursi belakang merasa kepanasan dan meminta jendelanya dibuka. Awalnya sih pas dijalan ngga terlalu macet, angin sepoi-sepoi yang datang dari jendela terasa segar melebihi AC. Tapi, pas udah masuk daerah macet tadi, oh m g it’s reallllly hoooot!!!!! Serasa berdiam diri disebelah oven gitu deh. Tapi macet itupun tidak berlangsung lama. Di daerah nagrek, jalanan udah ngga macet lagi.
Kita sampai ditasik sekitar pukul setengah 5 sore. Dan beristirahat di rumah uwa nya adry sebelum melakukan perjalanan lagi keesokan harinya.

Selasa, 27 desember 2011
Di jadwal yang kita buat sih hari ini kita harus bangun jam 4 pagi dan langsung bersiap untuk pergi ke cieceng. Tapi tidurku semalam ngga nyenyak, jadi aku udah bangun jam setengah 3 pagi dan menunggu temen-temen sekamarku bangun lalu langsung mandi dan sholat shubuh jam 4 kurang. After that, kita sudah siap dan tinggal menunggu mobil datang. Kita berangkat sekitar jam 5 atau setengah 6-an menuju cieceng menggunakan future limousine, yaitu mobil pick up atau mungkin lebih dikenal mobil kol bak. Suasana pagi yang amat segar terasa sampai angin pagi yang cukup besar menyibak rambutku berulang kali yang membuatku seperti membintangi iklan shampoo di tv. Perjalanan memakan waktu kira 4 jam menuju cieceng melewati 2 jenis jalanan, jalanan biasa aja ( jalanan bagus) dan jalanan yang oh-so romantic karena kita harus saling berpegangan bila melewatinya. Kita juga melewati sebuah jembatan kecil yang cukup menyeramkan untuk dilewati.
Sesampainya di cieceng sekitar pukul 9 pagi, kita beristirahat sejenak di rumah salah satu warga yang tepat berada di sekolah yang akan kita kunjungi. Setelah beberapa saat kita pun siap untuk melakukan tujuan kita. Sebelumnya kita sudah membagi kelompok. Di SD ada azmi, rifki, dan naufal. Di SMP ada faika, aku, dan zaza yang sudah siap to rock the class. Di SMA ada adry, ka irsal, dan alfi.
Saat memasuki kelas, pertama tama kami memberi salam kepada anak anak yang sudah duduk manis mengunggu kita. Jujur saja aku sangat terkejut dengan keadaan kelas mereka yang serba apa adanya sampai-sampai mereka pun duduk hanya dengan beralaskan lantai yang dingin dan sangat minim fasilitas. Akupun terdiam sejenak dan mulai berpikir bahwa aku harus bisa lebih mensyukuri apa yang selama ini diberikan padaku. Mereka tampak rajin dan bersemangat belajar walaupun kurang fasilitas. Sementara aku? Yang selalu diberi banyak fasilitas yang memadai malah menjadi malas dan menganggap enteng pelajaran. Back to the story, Setelah itu kami memperkenalkan diri dan mulai membagikan soal try out yang dimulai dengan pelajaran MATEMATIKA dilanjut dengan B. INDONESIA, IPA, dan terakhir B. INGGRIS. Tapi sayangnya, hasil test mereka tidak cukup memuaskan. Setelah semua selesai kita memulai “potret diri” dan beberapa games. Kita sempet bingung harus ngapain pada saat itu dan akhirnya menyuruh mereka untuk istirahat dan kembali lagi ke kelas pukul 1 siang.
Disaat istirahat berlansung aku, zaza, dan alfi ngantuk banget dan setelah ngobrol sebentar, kita tidur di kelas dimana aku mengajar. Cape karena perjalanan yang jauh terasa banget yang akhirnya menimbulkan tidur yang nyeyak selama waktu istirahat.
Setelah waktu menunjukan pukul satu siang anak-anak pun kembali berkumpul diruang kelas. Dan kita langsung memulai pembahasan soal. Disini mengajarkan aku untuk lebih menghargai orang lain, contohnya saja menganggap remeh omongan guru guru yang telah bersusah payah mengajarkan kita. tapi disini mereka berusaha untuk betul-betul menghargaiku dan teman-temanku walaupun mereka tampak lelah.
Pertama zahra membahas soal matematika dilanjutkan dengan faik yang membahas soal ipa biologi dan fisikanya di bahas olehku. Lalu dilanjutkan lagi pembahasan soal b. indonesia oleh faika. Di pembahasan soal keempat yaitu b.inggris yang kembali dibahas olehku, tampak jelas keletihan yang ada di mata para siswa dan siswi. Akhirnya pembahasan pun dipercepat dan mereka meminta pulang. Sebelum mereka pulang kami mengajak mereka untuk pergi ke curug esok hari.
Kamipun akhirnya beristirahat di rumah warga. Aku, alfi, dan zaza beristirahat di rumah teh ihah untuk mandi, shalat, dan makan. Setelah itu kami menyusul yang lainnya yang berada di rumah kepala sekolah. Pada malam harinya,kami berkumpul dikediaman kang usep dan guru lainnya selagi menunggu para pelajar SMA. tim SMA kembali membahas soal di rumah kepala sekolah.aku benar-benar terkesan pada mereka, biarpun udah larut malem tapi mereka masih ingin belajar. Sementara itu aku dan lainnya mengobrol dengan para warga. Malam begitu cepat berlalu, saking asiknya kita berbincang tidak terasa waktu telah menunjukan pukul 11 malam. Mataku terasa seperti lampu yang udah tinggal 5 watt dan sebentar lagi redup, well I’m so sleepy.padahal aku masih ingin berkumpul dengan mereka. Akhirnya kang usep menyuruhku dan zaza tidur di salah satu kamar. Sementara yang lain masih asik dengan kegiatan mereka diluar sana.

Rabu, 28 desember 2011
Sekitar pukul 5 pagi, kang usep membangunkan kami. Setelah shalat shubuh kita kembali ke rumah teh ihah untuk mandi. Ketika keluar dari rumah kepala sekolah aku melihat jalanan disekitar rumah basah, mungkin karena hujan di waktu shubuh kali ya. jalanan nya sangatlah licin dan berliku-liku itulah yang menjadi sebab adanya prinsip antara aku dan zaza, yaitu kita akan berpegangan sepanjang jalan, jika salah satu dari kami jatuh maka kami berdua akan jatuh bersamaan :D. On my way to rumah teh ihah, belum terlalu jauh sih dari rumah kepala sekolah, prinsip itupun terjadi karena kondisi jalan juga sendal aku dan zaza yang sangat licin. Kami ngga hanya berdua loooh sekarang karenaaa alfi pun ikut jatoh dan membuat baju kami kotor. Galau pun sempat melanda karena the one and the only celanaku kotor banget sekarang.
Sesampainya di rumah teh ihah, akupun lansung mandi dan mencuci bagian celana yang kotor. Lalu aku, alfi, dan zaza makan pagi. Then, karena terlalu lama menunggu yang lainnya yang masih dirumah kepala sekolah, kami pun akhirnya terlelap tiduuuur LAGI dan menjelma kembali menjadi sleeping beauty.
Singkat cerita, kami kembali ke sekolah. Dan memberi tau mereka bahwa kami tidak jadi ke curug karena beberapa hal. Aku, faik, dan zaza benar-benar engga tau harus melakukan apa saat itu dikelas, we’re stuck. Tapi akhirnya kami memutuskan untuk membuat dua kelompok yaitu kelompok laki-laki yang dibimbing oleh faik dan kelompok perempuan yang dipegang oleh zaza dan aku. Kami bertukar cerita dan pengalaman. Mereka bercerita tentang aktifitas mereka sampai keadaan sekolah mereka.setelah bercerita satu sama lain, aku sangatlah kagum pada perjuangan mereka. they’re such amazing people for me. Di hari kedua di cieceng ini lebih terasa kedekatan kita dibanding hari pertama. Kami juga memberi mereka games- games kecil yang berisi pelajaran yang menurut mereka susah yaitu bahasa inggris. Kami juga membagikan hadiah-hadiah yang telah kami siapkan sebelumnya.
Honestly, aku masih pengen banget ngelanjutin semua aktifitas itu selama beberapa hari kedepan. Pengen ngebuat mereka pinter bhs inggris, memberi motivasi lagi buat mereka, membuat mereka lebih percaya diri, dan banyak lagi lainnya. Tapi waktu yang terbatas akhirnya memisahkan kami.
Setelah semua kegiatan selesai, kami serta guru-guru dan juga kang usep melakukan evaluasi. Dimana kita mengungkapkan kesan dan pesan kita. Setelah itu kami membereskan barang-barang kita dan kembali ke rumah kepala sekolah yang telah mempersiapkan makanan lezat for our lunch. Kami makan apa adanya dengan telur dan beberapa lauk lainnya, walaupun apa adanya semua makanan itu yuuummy banget. Apalagi telur dadarnya yang punya ciri khas tersendiri buat aku ataupun ikan mujairnya yang super duper delicious .
Kami pun kembali ketasik sekitar pukul 2 siang, dan memutuskan untuk kembali ke bandung pada malam harinya naik bis yang dijadwalkan berangkat pukul 7 malam dari tasik. Kami sampai ditasik sekitar jam setengah 7 kami mampir dulu sebentar ke rumah uwa nya adry untuk mengambil barang dengan terburu-buru. Dan ketika sampai tepat jam 7 di tempat bis, taunya, bis nya nggak ada dooong, dan kata petugasnya datang jam setengah 8.masih belum ada. Akhirnya kita nunggu sampe jam 9 daaan bis jurusan tasik- cimahi itupun belum ada juga! Finally, kita pulang pake bis jurusan tasik-cicaheum.
Didalem bis, Cuma ada kami dan hanya beberapa penumpang lainnya. Akupun tertidur sepanjang perjalanan menuju bandung. Perjalanan ini cukup melelahkan tapi berkesan bangeet, rame, dan seru, juga banyak ngajarin aku a lot of things yang belum aku rasain atau ngalamin sebelumnya.

Tidak ada komentar: